Direktur Politani Negeri Kupang bertempat di Student Center pada tanggal 25 Juli 2013 memimpin rapat koordinasi Penyusunan Rencana Implementasi Program Akademi Komunitas Kabupaten Ende dan Akademi Komunitas Kabupaten Kupang.  Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas PPO kabupaten Ende, Kepala Dinas PPO Kabupaten Kupang, Pembantu
Direktur IV, Kajur MPLK, Kajur TPH, Kabag AAK, Pengelola Akademi Komunitas Kabupaten Sumbawa dan Akademi Komunitas Kabupaten Sumba Timur serta utusan Dosen.

Kegiatan tersebut mengagendakan Pemaparan Pengelolaan Rencana Implementasi Program Akademi Komunitas oleh PUDIR IV. Dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh Pengelola Akademi Komunitas Kabupaten Sumbawa dan Akademi Komunitas Kabupaten Sumba Timur, dilanjutkan dengan diskusi.
Rapat tersebut menghasilkan keputusan mempercayakan POLITANI membentuk TIM untuk Penyusunan Rencana Implementasi Program Akademi Komunitas Kabupaten Ende dan Akademi Komunitas Kabupaten Kupang yang dokumennya akan diserahkan ke Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dirjen Dikti Kemdikbud tanggal 2 Agustus 2013.