TIM Pengelola  Program Studi Di Luar Domisili (PPD) kerja sama Politani Negeri Kupang dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur masing-masing Ferdinand S. Suek,S.Pt.M.Si; Melkianus D.S. Randu, S.Pt.M.Si; Ferdinand Siung,S.Pt dan Agustinus Cuaca pada tanggal 7 Maret 2013 melakukan kunjungan kerja ke Sumba Timur dalam rangka mengkoordinasikan kegitan pembukaan dan pelaksanaan penerimaan calon mahasiswa baru PPD. Tim bertemu dengan Wakil Bupati dan Kepala Dinas PPO serta melakukan kunjungan ke tempat Sekretariat pendaftaran yakni SMK Negeri 5 Waingapu.
Dalam kunjungan ke Sekretariat Pendaftaran, TIM secara serimonial membuka pendaftaran sekaligus menyerahkan dokumen pendaftaran, spanduk, Leaflet. Selanjutnya TIM melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati, Ferdinand Suek selaku ketua dalam laporannya bahwa animo masyarakat sumba timur sungguh luar biasa dan sangat besar dengan pendaftar berjumlah 498 orang yang melampaui target . Hal ini tidak terlepas dari dukungan PEMDA dalam penyediaan sarana dan pra sarana perkuliahan, kebijakan terkait ijin staf guru yang diperbantukan sebagai panitia dan pengelola PPD. Selanjutnya TIM menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya akan kegiatan sejak tahun 2012.
Berdasarkan hasil kesepakatan Panitia POLITANI dan Panitia Lokal, bahwa untuk angkatan pertama mahasiswa yang diterima pada Prodi Produksi Ternak berjumlah 80 orang dan Prodi Kesehatan Hewan berjumlah 80 orang. Dengan tahapan tes tertulis dan wawancara 19-20 Maret 2013; Pengumuman 23 Maret 2013; masa registrasi 25-27 Maret 2013 dan kuliah perdana 1 April 2013. Menurut rencana kuliah umum akan disampaikan oleh Direktur Politani, Bupati Sumba Timur dan Kadis PPO Sumba Timur