Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK) Politani Kupang pada tanggal 22 September 2012 telah melakukan Lokakarya internal tentang Penyamaan Persepsi Pertanian Lahan Kering (PLK). Hasil  Lokakarya ditindaklanjuti dalam bentuk Seminar Nasional Konsep Akademik Pertanian Lahan Kering Wilayah Semi Ringkai, dengan mengusung 4 subtema: PLK dan Peternakan sebagai Pola Ilmiah Pokok (Dasar Pemikiran dan konsep Pembangunan); Karakteristik PLK Wilayah Kering Semi Ringkai);PLK dalam Prespektif Pengelolaan Komoditas (tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan dan peternakan); dan  Aspek Sosiokultura Pengembangan Sumber Daya Manusia PLK.

 

Adapun tujuan seminar tersebut, yakni: Mengeksploitasi perbedaan konsepsi dan cara pandang tentang PLK; Mengeksplotasi posisi PLK dan Pertanian Semi Arid/Ringkai pada aras kebijakan nasional maupun internasional; dan Mengeksploitasi praktik pengelolaan pendidikan berbasis PLK, menyusun naskah akademik PLK wilayah semi ringkai sebagai acuan LO untuk kurikulum berbasis kompetensi dalam  rangka Kualifikasi Nasional Pendidikan.

Seminar nasional ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Wisuda Politani Kupang pada tanggal 19 Oktober 2012 direncanakan menghadirkan pembicara Prof.DR. Tejoyuwono dari Universitas Indonesia; Ir. A.P.Y Djogo, M.Si; Direktur Belmawa Dikti; Direktur Tenaga Pendidik Dikit dan Direktur Pasca Sarjana Udayana Bali.