DSC00598

Disela-sela kegiatan KKBM Politani di SMK I Poco Ranaka, tanggal, 21/7/2012dilakukan penanda tanganan MoU di aula Sekolah. Acara tersebut dihadiri Direktur Politani Negeri Kupang, Joseph P. Kepala SMK I Poco Ranaka, Sistus Mbalur dan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Manggarai Timur, Ir. Donatus Datur.
Ketika memberikan sambutan, Direktur Politani Negeri Kupang, Joseph P. Ticoalu mengatakan; pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas PPP Matim, Ketua Komite, Kepala Sekolah, Karena atas isin ketiga pejabat ini Politani bisa berkunjung di Poco Ranaka. Kesempatan melakukan KKBM adalah kesempatan yang sangat jarang dilakukan ditempat yang sama. Kali ini kami mengambil keputusan untuk keluar dari pulau Timor dan tempat yang paling cocok hasil survei adalah Poco Ranaka. Dan untuk melancarkan kegiatan KKBM ini, kami sangat membutuhkan persiapan yang matang, karena kegiatan ini masuk dalam kalender akademik Politani Negeri Kupang.
Pada kesempatan itu, Direktur menyampaikan pula secara singkat sejarah Politani, yang berdiri tahun 1987 dengan Nama dibelakangnya Nusa Cendana, dan mandiri baru 15 tahun lalu 1997 dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Sejak awal Politani  3 buah jurusan dan 3 buah Prodi yakni tertua adalah Jurusan Peternakan, MPLK dan TPH. Kemudian berkembang terus hingga saat ini menjadi 3 buah jurusan (yang sama) dan prodinya menjadi 7 buah untuk D-III terakreditasi dan D-IV Visitasi  sebanyak 3 buah. Dengan kekuatan tenaga pengajar dan teknisi yang professional.
Menurut pengakuan Direktur, Politani sudah melakukan MoU dengan SMK se NTT sebanyak 23 buah termasuk SMK I Poco Ranaka. Jadi inti MoU adalah bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kami juga memberi peluang beasiswa kepada mahasiswa termasuk asal sekolah hasil MoU. Dan beasiswa yang paling besar adalah bidik misi sebesar Rp 6 persemester hingga selesai kuliah.
Pada saat yang sama, Kepala SMK I Poco Ranaka, Sistus Mbalur mengatakan; di awal tahun 2012 ini oleh SMK I Poco Ranaka banyak mendapat berkah, lantaran diawal tahun ini  SMK I Poco Ranaka menerima tamu penting diantaranya rombongan KKBM Politani Negeri Kupang. Kunjungan ini bukan sekedar kunjungan tetapi berkemah, bekerja, berbakti.  Ya! sungguh luar biasa, karena mendapat kehormatan dari Politani. Karena itu bagi semua jajaran pendidikan pertanian Jangan Mati.  Mari kita sama-sama bekerja dan berupaya membuat kreasi baru, inovasi baru untuk menarik minat banyak orang masuk dalam lingkaran pendidikan Pertanian.
Pemda Manggarai Timur yang diawakili Kelapa Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Donatus Datur mengatakan, Pemda Matim, sangat antusias dengan kahadiran Politani didaerah ini.  Karena Politani telah memilih daerah ini sebagai tempat KKBM. Tentuhnya karena hasil survey, maka layaklah kecamatan ini menjadi tempat ber KKBM. Oleh karena itu lanjut Don Datur, mari kita sama-sama mendukung kepedulian Politani, terutama pihak jajaran sekolah pertanian dan kelompok tani di Manggarai Timur.