DSC00514    DSC00514

Rombongan Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM)  Politeknik Pertanian Negeri Kupang, yang berangkat dari Kupang menuju Mano Kecamatan Poco Ranaka Kabupaten Manggarai Timur, tgl: 17 Juli 2012 dan  tiba di Mano, 18 Juli 2012.  Rombongan KKBM Politani yang berkekuatan 158 orang Pimpinan Pudir III, Aydamel Takalapeta di terima dengan ritual adat (Kepok).
Kepok  tuak dalam bahasa Manggarai dilantunkan oleh tua adat Mano dan jawaban Kepok dari Politani diwakili Agus Semang juga dilantunkan dalam bahasa Manggarai. Kemudian ketiga pimpinan  Politani, Aydamel Takalapeta, Agustinus Semang dan Fabianus Ranta dikalungi Selendang dan topi (songkok) Manggarai. Selanjutnya rombongan KKBM Politani diarak ke aula SMK, diiringi lagu Ronda atau Kelong oleh tua-tua adat Mano dan dewan Guru maupun murid-murid kelas I dan II SMK I Poco Ranaka. Di aula SMK I Poco Ranaka  dilakukan acara perkenalan Kepok Tuak dan Manuk Kapu . oleh Jubir tua adat  dan kemudian jawaban dari Politani  diwakili Agus Semang.
Dalam acara perkenalan  Pudir III Politani Negeri Kupang, Aydamel Takalapeta mengatakan, kegiatan KKBM ini dirancang oleh Politani sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pertanian, untuk membantu masyarakat secara langsung. Artinya sebagai bentuk kepedulian Politani untuk berkemah, bekerja, berbakti kepada masyarakat adalah sebagai bentuk tugas yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi seperti Politani Negeri Kupang.
Pengakuan Pudir III, dari 32 Politeknik seluruh Indonesia dan yang melakukan program KKBM ini hanya 3 buah Politeknik diantaranya Politani Negeri Kupang. Tujuannya sangat jelas yakni; agar  mahasiswa bisa mengetahui secara langsung kehidupan sosial dan budaya masyarakat khususnya masyarakat pertanian, peternakan dan perkebunan. Sehingga pihak Politani Negeri Kupang berupaya agar supaya setiap tahun program ini tetap dilaksanakan dengan harapan masyarakat bisa mengetahui juga seluk beluk aktivitas kampus dan segala aneka teknologi tepat gunanya.
Sebagai sambutan penutup Pudir III, memperkenalkan profil Politani sejak berdiri tahun 1987 dengan kekuatan 3 buah jurusan dan 3 buah program studi hingga sekarang masih 3 buah jurusan dan 10 buah program studi diantaranya 3 buah prodi D-4 (S1 terapan). ungkap Pudir III
Turut memberikan sambutan, Ketua Komite SMK I Poco Ranaka mengatakan; Tahun Rahmat telah datang, Mengapa?, kahadiran Politani di Poco Ranaka merupakan suatu rahmat yang sangat besar bagi SMKI Poco Ranaka maupun masyarakatnya. Menurutnya, sudah sekian lama kami mendengar nama Politani. Namun baru kali ini kerinduan itu datang. Dan kehadiran Politani merupakan sebuah penghormatan yang sangat besar bagi masyarakat Poco Ranakan,tentuhnya Sungguh luar biasa.(*)