DSC03640DSC03681


Direktur Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politani), Ir. Joseph P.Ticoalu, M.Si menutup dengan resmi pelatihan Applied Approach (AA) bagi staf dosen Politani Negeri Kupang, (24/9/2013) di gedung Student  Centre.  Turut hadir  pemateri Dr Sunaryo (Universitas Negeri Yogiakarta) dan Ketua P2AI Politani Negeri Kupang Ir. Ali Hasan,M.Si.
Didepan peserta 25 orang Direktur mengatakan, dasar pelaksanaan AA dan Pekeerti adalah sesuai dengan UU tahun 2005 tentang profesi dan karir. Profesi terkait dengan serdos yang meliputi 5 kompetensi diantaranya tentang pedagogik dan sosial.

Menurutnya, Dosen Politani Negeri Kupang pada angkatan I hingga IV (tahun 1988-1993) telah mengikuti kegiatan pelatihan di PEDCA Bandung. Pelatihan tersebut menekankan pada bidang pengajaran atau pedagogi. Metode ini diajarkan untuk para tenaga pengajar yang berasal dari S1 pertanian. karena staf Dosen Politani bukan berlatar belakang S1 Pendidikan, untuk itu diperlukan materi tentang cara mengajar yang baik, dan hal tersebut berjalan baik dan sangat membantu untuk staf dosen Politani saat itu.
Lanjut Direktur,  saat sekarang nama pelatihan itu disebut AA pada semester ganjil dan Pekerti pada semester genap, sehingga tidak ada kesenjangan didalam aktivitas harian sebagai staf pengajar dalam lingkungan Politani.


Terkait dengan kurikulum Direktur mengatakan; pada waktu yang lalu telah dilakukan pertemuan di Politani Payakumbuh, dengan tema membahas Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pertanian dan Peternakan. KKNI bertujuan agar pengakuan ketrampilan/keahlian yang dihasilkan oleh pendidikan Indonesia setara/diakui dengan pendidikan di negara lainnya.

DSC03639DSC03644


Pemateri, Dr Sunaryo mewakili ketua tim Prof Wawan dalam sambutannya bahwa  kita sepakat sejak tahun 2005 jabatan dosen adalah jabatan profesi, identik dengan jabatan profesi sebelumnya yakni: Dokter, Notaris dan Apoteker); setelah Indonesia merdeka banyak yang belum memahami bahwa jabatan dosen itu adalah jabatan profesi. Melalui perencanaan yang matang seorang dokter sebelum melakukan operasi dia terlebih dahulu melakukan sidak dari berbagai ilmu untuk melakukan operasi. Dan untuk seorang dosen kadang-kadang lupa ketika mau mengajar, persiapan apa yang harus dilakukan. Salah satunya adalah silabus. Jadi dengan pelatihan AA ini sudah sangat jelas bahwa bekal untuk seorang dosen pemula. Untuk itu jadilah seorang pengajar yang baik sehingga kualitas pelayanan kita semakin meningkat.