DSC03492  DSC03484

Pudir III Politani Negeri Kupang, Aydamel Takalapeta, STP.,M.Si bertempat di ruang ampli I (7/9/2013, .mewakili Direktur membuka pelatihan kewirausahaan mahasiswa Politani Negeri Kupang Turut hadir dalam kesempatan ini adalah badan pengurus BEM,HMJ,PMP, Pembina HMJ Anton Jehemat, Pengelola Pendidikan Kewirausahaan Naharuddin Sri, Staf Teknisi, Nara Sumber Medin Pengelola(Wirausaha) ikan air tawar Kupang.

Pudir III dalam sambutannya bahwa diawal semester ini kita mulai dengan kegiatan mahasiswa dalam rangka pembinaan karakter kewirausahaan, perlu diketahui di Politani Negeri Kupang ada tiga pendidikan karakter yakni: (1) Karakter kebangsaan yaitu dilaksanakan pada moment ORDIK dan beberapa kegiatan lainya. (2) Karakter Kewirausahaan yaitu dengan menampilkan ceramah, pelatihan kewirausahaan. (3) Karakter Keilmuan yaitu dengan menjalankan PBM sesuai kalender akademik dimasing-masing program studi atau Jurusan. Lembaga ini sudah memberikan terbaik untuk mahasiswanya, namun kunci kesuksesan kedepan adalah tergantung mahasiswa itu sendiri, bahwa mahasiswa dididik untuk mampu berkompetisi secara professional, jika kelak bersanding ditengah-tengah masyarakat.

Diakhir sambutannya Pudir III berpesan bahwa kamu terpilih untuk mengikuti kegiatan ini bukan untuk mendapatkan dana bantuan dari Pemerintah, tetapi perlu diingat bahwa motivasi kamu sebaiknya untuk kehidupan kedepan setelah usai perkuliahan nanti. Kalian harus mampu melihat dan menterjemakan materi-materi yang diberikan pihak nara sumber, Pembina maupun para dosen. Karena Negara ini kedepannya bukan tergantung pada lowongan kerja pada PNS tetapi berwirausaha.

Naharuddin Sri,  dalam laporannya menggarisbawahi  ide untuk memberi ruang penciptaan motivasi wirausaha yang telah dirintis sejak tahun 1996, dengan memodifikasi salah satu pola penelitian sederhana ke model usaha mandiri berbasis produk komersial. Misalnya program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Kemensos dan Kemendiknas lewat program KWU,INWUB, KKU.

Dengan mengusung tema Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Rangkaian Pendidikan Karakter Praktek Kewirausahaan Mahasiswa Politani Negeri Kupang dan tujuan memperkuat karakter kewirausahaan mahasiswa sehingga bisa menjadi wirausaha-wirausaha baru berpendidikan tinggi dan memiliki pola pikir penciptaan lapangan kerja, membentuk kelompok usaha/lembaga pengelola kewirausahaan.