PELEPASAN MAHASISWA PKL

7.17.2

Pembantu Direktur I Bidang Akademik Politani Negeri Kupang, Ir. Melkianus Luji Jadi,MP  RABU, 13 Agustus 2014, di gedung Student Centre Politani Negeri Kupang atas nama Direktur melepas 119 orang mahasiswa Praktek Kerja Lapang (PKL) semester VII program Diploma IV dari tiga Jurusan, masing-masing; Prodi Teknologi Pakan Ternak (TPT), Prodi Teknologi Industri Hortikultura (TIH) dan Prodi Penyuluhan Pertanian Lahan Kering (PPLK).

 

 Dalam sambutanya, Pudir I mengatakan; mahasiswa yang mengadakan PKL di daerah Jawa agar perlu menjadi perhatian adalah selalu beradaptasi dengan lingkungan setempat.. Jangan sampai dengan kehadiran saudara akan membawa sesuatu yang tidak diinginkan. Tunjukan tingkah laku yang baik dalam menjalankan PKL, karena kalau mahasiswa PKL memberikan sikap yang melawan hukum, maka Politani kedepan akan mendapat kesulitan dalam melakukan PKL.
      Lebih lanjut dikatakan bahwa PKL untuk belajar teknologi langsung dilapangan, bukan  tenaga  kerja. Jadi tidak sama dengan karyawan perusahan ditempat PKL. Mahasiswa PKL adalah turun lapangan untuk belajar ketgrampilan manajemen Pertanian, baik penggunaan alat teknologi, teknik pengolahan hasil (komoditi), teknik berbisnis, pengadministrasian, bidang pakan, sosialisasi penyuluhan teknologi dan masih banyak lagi perihal tersebut sesuai dengan petunjuk buku pedoman PKL.

 7.37.4

Ketua Panitia PKL D-IV angkata ke 7 Politani Negeri Kupang, John Kana Tiri mengatakan; kegiatan PKL adalah kegiatan kurikuler di luar Kampus yang wajib diikuti oleh mahasiswa D-IV Pendidikan Tinggi vokasi, Politani Negeri Kupang; yang berbasis kompetensi dan ketrampilan teknis, dan manajerial dalam bidang pertanian; dan pada akhirnya bisa menghasilkan penyuluh pertanian lahan kering yang professional, mampu mengtransfer Ilmu Pengetahuan dan teknologi dan ketrampilan kepada masyarakat secara tepat.
    Kegiatan PKL untuk  Prodi TIH di Jawa Timur (Kab. Malang, Kota Malang, Pasuruan); Jawa Tengah (Karanganyer dan Boyolali) untuk Prodi TPT, dan NTT (Ende dan Nagekeo) untuk prodi PPLK. Waktu pelaksanaan 5-6 bulan terhitung 20 Mei-22 Nopember 2014.