PHOTO-2020-03-19-10-02-43  PHOTO-2020-03-19-10-53-04

Visi dan Misi

Dasar pendirian Prodi Agribisnis Perikanan adalah Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 797/KPT/I/2019 Tanggal 9 September 2019.


Visi 
“Menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penerapan Agribisnis Perikanan yang berwawasan lingkungan pada Tahun 2035”

Misi 
1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis IPTEK untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan terampil dalam bidang agribisnis perikanan. 
2. Mengembangkan penelitian terapan bidang agribisnis perikanan yang bermutu dan berdaya saing berbasis  keunggulan lokal serta berwawasan lingkungan.
3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menerapkan karya inovatif bidang agribisnis perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait dalam pengelolaan bisnis perikanan secara berkelanjutan.
 
Tujuan 
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang agribisnis perikanan yang berjiwa wirausaha, kreatif dan inovatif.
2. Menghasilkan produk penelitian agribisnis perikanan unggulan yang responsif serta pengembangan karya-karya inovatif dan berwawasan lingkungan sesuai kebutuhan masyarakat.
3. Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi agribisnis perikanan yang berkelanjutan kepada masyarakat berbasis kewirausahaan.
4. Membangun kemitraan strategis untuk memperkuat pelaksanaan tridharma perguran tinggi di bidang agribisnis perikanan.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Diploma IV Agribisnis Perikanan memiliki peluang kerja yang cukup luas di sektor perikanan, antara lain sebagai:

1) Manajer pada industri perikanan dan kelautan
2) Konsultan bisnis perikanan
3) Wirausahawan bidang perikanan dan kelautan
4) Inovator Pemberdayaan Masyarakat pada lembaga sosial milik pemerintah, masyarakat atau industri.
5) Perencana/Koordinator/Manager/Fasilitator pada Lembaga Swadaya Masyarakat
6) Analis perkreditan/marketing pada sektor perbankan dan lembaga keuangan lainnya
7) Pegawai Pemerintah, dan
8) Peneliti


Kurikulum

Menerapkan model pendidikan vokasional, proses pembelajaran pada Program Studi Diploma IV Agribisnis Perikanan memberikan bobot yang lebih besar pada kegiatan praktikum, dimana dari total 146 SKS yang diberlakukan selama 8 semester (4 tahun), 40 % adalah kegiatan kuliah (60 SKS) dan 60 % kegiatan praktek (86 SKS). Beberapa mata kuliah unggulan spesifik yang diajarkan antara lain:

Agrominawisata

Etika Bisnis Perikanan

Rencana Bisnis Perikanan

Kebijakan dan  Kemitraan Bisnis

Bisnis Ritel Hasil Perikanan

Manajemen Resiko Bisnis Perikanan

Ekspor Impor Hasil Perikanan Sistem Informasi Bisnis Perikanan

Teknologi Pengemasan Hasil Perikanan.