Profil

SEJARAH

DSCN0020Pada tahun 1994, Direktorat Pembinaan Sarana Akademik dan Ditjen Dikti menghimbau agar dilingkungan Perguruan Tinggi dapat mendirikan Unit/Pusat Pengembangan Pendidikan dalam bentuk Pusat Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) atau Unit kerja yang sejenis

Pusat Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) yang terbentuk diharapkan berperan untuk melakukan kajian, evaluasi, analisis dan interpretasi yang handal dan sahli agarpimpinan Perguruan Tinggi selalu dapat memperoleh gagasan dalam perencanaan pengembangan pendidikan, menyediyakan layanan dan bantuan kepada staf akademik untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Upaya pengembangan Pusat Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) diperkenalkan kepada kalangan Politeknik Negeri pada tahun 2005 melalui sebuah semiloka yang membahas masalah-masalah dalam pembelajaran di Polieknik. Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti kembali menyediakan dana hibah kompetisi pada tahun 2006 untuk pembentukan unit serta pengembangan program Pusat Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) di Perguruan Tinggi.

Politeknik Pertanian Negeri Kupang merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berhasil dana hibah kompetisi pembentukan Unit Pusat Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) tahun 2006 melalui kerja keras beberapa dosen.

Dalam sebuah seminar pada tanggal 3 Oktober 2006 terbentuk dan diresmikanlah Unit Peningkatan dan Pengambangan Aktivitas Instruksional (UP2AI) di Politeknik Pertanian Negeri Kupang melalui Surat Keputusan Direktur No.81 Tahun 2006 Tentang Pengangkatan Pengelola Unit P2AI Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

VISI

Menjadikan Unit Peningkatan dan Pengambangan Aktivitas Instruksional (UP2AI) Politeknik Pertanian Negeri Kupang "sebagai pusat pengembangan model dan metode pembelajaran pendidikan vokasional bidang pertanian"

MISI

  • Menyusun dan mengembangkan model dan metode pembalajaran
  • Menyusun standar operasional metode pembelajaran
  • Menyusun dan melaksanakan serta evaluasi model pembinaan staf dosen dan tenaga penunjang

Program Kerja

  • Memfasilitasi pelaksanaan Pelatihan AA/PEKERTI
  • Pembinaan Dosen Muda
  • Memfasilitasi pelaksanaan Magang Industri Dosen Muda
  • Sertifikasi Dosen
DSC00012 DSCN0025 DSCN0033

 

Organisasi

Kepala Unit P2AI  : Ir. Aloysius Ng. Lende, M.Si
Ka.Bid Pengembangan Tenaga Pendidik Unit P2AI  : Mikson M. D. Nalle, S.Pi, M.Si
Ka.Bid Kurikulum & Pembelajaran Unit P2AI  : drh. Devi Y. J. A. Moenek, M.Sc