Image Caption
Image Caption
Image Caption
Image Caption
Image Caption
Image Caption

Politani Gelar Webinar
“Kiat sukses melamar beasiswa di dalam dan luar negeri” 

webinar pic

       Politeknik Pertanian Negeri Kupang menggelar webinar yang mengangkat tema kiat sukses melamar beasiswa di dalam dan luar negeri. Webinar dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur IV Bidang Promosi, Humas dan Kerjasama Melinda R.S Moata, PhD yang menjelaskan visinya yaitu bergerak maju bersama Politani. Kita akan bergerak maju kalau tiga roda itu berputar bersama. “Ada dua kelompok besar yg masing-masing terdiri dari tiga roda. Kelompok satu adalah roda staff yang meliputi: dosen, pegawai, PLP/teknisi, roda ke dua adalah mahasiswa, dan roda ke tiga adalah alumni. Kalau kelompok satu ini berputar maka akan masuk dalam kelompok dua di mana kelompok satu ini akan menjadi roda akademik yg conect dengan roda pemerintah dan DUDI (Dunia Usaha-Dunia Industri). Webinar ini di buat serial untuk menjalankan gerakan kelompok satu yaitu internal Politani, kemudian akan masuk ke webinar kelompok dua yang melibatkan pemerintah dan DUDI,” jelasnya.

        Webinar dilaksanakan pada hari Jumat (12/05) pukul 09.00 wita. Acara berjalan lancar dipandu oleh moderator Jois M. Jacob, M.V.St dan menghadirkan para narasumber yang merupakan dosen Politani Kupang yang sedang menempuh pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Mereka diantaranya Arnold Ch. Tabun, SP. M.Sc yang mendapatkan beasiswa BPP-DN di Udayana Bali, Marlyn Kallau, S.Pi, M.Sc yang mendapatkan beasiswa Fulbright Dikti di University of Florida, drh. Erda Rame Hau, M. Biotech yang mendapatkan beasiswa BUD LN- LPDP di The University of Quensland dan Cardinal L.O. Leo Penu, S.Pt. M. Sc yang mendapatkan beasiswa RTP UQ di The University of Quennsland.


     Webinar diikuti tidak hanya oleh staf dan alumni saja tetapi juga para mahasiswa. Sekitar 140 peserta melakukan registrasi awal pada laman http://bit.ly/2Z7QB50. Mereka sangat antusias mengikuti webinar yang berlangsung kurang lebih sekitar 2,5 jam.


     Drh. Erda Eni Rame Hau, M. Biotech berbagi pengalamannya dalam meraih beasiswa LPDP, mulai dari informasi tentang beasiswa LPDP, skema beasiswa, syarat pendaftaran, pembiayaan, proses seleksi, termasuk juga masalah yang dihadapi selama mengajukan beasiswa dan cara mengatasinya. Selain itu drh. Erda Rame Hau, M. Biotech juga menjelaskan seberapa penting mempelajari kultur negara tujuan, bagaimana ketika gagal mendapatkan beasiswa, agar bisa semangat mencoba kembali.”Kita harus memanfaatkan peluang kita yang besar sebagai orang NTT, semua berawal dari mimpi, tidak ada yang tak mungkin. Keinginan yang kuat akan membuat kita pantang menyerah dan bekerja keras, walau tidak jarang gagal,”tegasnya.


      Selain itu sharing pengalaman sukses mendapatkan beasiswa juga di sampaikan oleh Arnold Ch. Tabun, SP. M.Sc yang sedang menempuh pendidikan di Udayana Bali melalui beasiswa BPP-DN. Arnold Ch. Tabun, SP. M.Sc memaparkan tentang kiat studi untuk melamar S3 meliputi kemauan untuk studi, menentukan tempat studi, mekanisme pendaftaran BPP-DN dan bagimana ketika sudah diterima di PT tujuan. “Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu,” katanya.


       Diakhir sesi Wakil Direktur IV bidang Kerjasama dan Publikasi IV Melinda R.S Moata, PhD mewakili Direktur Politani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan webinar sesi satu ini. “Untuk pencapaian hasil yang tinggi itu, dibutuhkan pengorbanan dan kerja keras,“ serunya. ***